Minggu, 16 Agustus 2009

7 Sifat Dasar Manusia

7 Sifat Dasar Manusia
Sebuah dasar sifat manusia
Yang dapat membuat anda
Sadar dan akan mengetahui
Kelemahan lawan bicara
Anda

Setiap manusia memiliki karakteristik/ sifat yang spesifik. Ada yang suka memerintah, ada yang suka mendengarkan cerita orang, ada yang suka bertindak apabila disuruh, ada yang suka menyendiri/ tidak mau mengikuti orang lain.
Bahkan anak yang kembar pun memiliki sifat yang tersendiri, beda dengan saudaranya. Si Tono suka menjadi pengusaha karena ia merasa lebih cocok menjadi pemimpin, lebih berani mengambil resiko dan cara berpikir yang sangat cepat. Sedangkan si Toni bercita – cita ingin menjadi seorang Guru karena sifatnya yang penyabar, penyanyang dan tidak materalistis dibandingkan dengan saudaranya.
Kok beda yah?
Nah, walaupun setiap orang memiliki sifat yang tudak sama. Namun saya sudah dapat menyimpulkan ada 7 sifat dasar manusia yang sering saya temui.
7 sifat dasar ini pasti dimiliki setiap orang dan pasti memilikinya. Apabila dia menyangkal salah satu sifat dasar yang saya kemukakan ini. Berarti dia tidak jujur dengan dirinya sendiri atau dia sendiri bukan manusia yang normal J.
Saya sangat suka sekali melihat sinetron J. Sangat suka sekali melihat orang lalu lalang dijalan, kebetulan rumah saya di depan jalan jadi saya sering melihat kegiatan orang yang melintas didepan saya. Di perusahaan dimana saya bekerja, saya bekerja dikantor sebagai administrator, sehingga saya sering sekali berhubungan dengan para karyawan, pelanggan, maupun dengan orang – orang yang datang kekantor saya, baik petugas pemerintah menanyakan surat izin usaha, orang yang meminta sumbangan atau orang – orang yang gak jelas statusnya J
Ketika mereka berbicara, saya lebih suka memerhatikan cara dia berbicara, cara dia mengekpresikan wajah mereka ketimbang dengan apa yang dia ucapkan. Sehingga ketika mereka selesai berbicara saya akan berkata, “ ya udah, mana proposalnya? nanti saya kasikan bos J
He..he..he…
Itulah saya, bisa dibilang kelebihan atau kekurangan………
Nah, saya akan mengemukakan apa yang menjadi sifat dasar manusia itu. Dan setelah saya selidiki, dapat saya kesimpulkan ada 7 sifat dasar itu.


1. Manusia tidak suka dikritik

Saya memiliki rekan kerja yang memiliki latar belakang pendidikan yang rendah, ia hanya tamat kelas 3 SD saja. Tidak bisa membaca apalagi menulis. Apakah dia merasa rendah diri? Teryata tidak. Dia tidak merasa sedih atas kekurangannya itu. Apa yang dia lakukan? Dia mencari kelebihannya yang lain, yaitu menyupir. Selain dia menjadi sebagai kuli angkut dia juga belajar menyetir mobil yang ada di pabrik kami. Entah itu colt diesel atau L-300
Karena dia mengunakan mobil perusahaan yang seharusnya tidak boleh dipakai selain dari supir itu sendiri, maka dia dimarahi oleh bos. Sang bos merendahkan dia bahwa kamu sudah sangat beruntung sekali bekerja sama saya padahal kamu hanya tamat kelas 3 SD. Apa kelebihan kamu selain tenaga kamu itu? Masih banyak sekali pertanyaan yang dia ucapkan yang gak mungkin saya tulis semua. Yang penting intinya adalah dia sangat merendah kan kemampuan pegawainya yang bodoh itu.
Tidak lama berselang dia mengundurkan diri dari perusahaan itu. Setelah 3 tahun tidak pernah jumpa. Dia datang ke pabrik lamanya dengan mengendarai mobil Toyota pribadinya .
Apa yang terjadi? Setelah dia dimarahi habis – habisan, dia menjadi marah, dendam dan penuh emosi kepada si bos itu. Hanya butuh seminggu dia baru memutuskan berhenti dari perusahaannya itu, padahal dia sudah 12 tahun “mencari makan” di tempat itu. Terlebih lagi dia mempunyai tanggungan seorang istri, 3 anak yang masih kecil dan ibunya yang sudah renta.
Setelah keluarganya tahu dia berhenti dari pekerjaan lamanya, sang ibunya sangat sedih karena hanya dia saja satu – satunya topangan hidupnya. Dengan penuh pertimbangan sang ibu meminta anaknya untuk mengurusi warisan tanah mendiang suaminya yang ada pi pekan baru. Sebelumnya tanah itu disewakan kepada orang setempat untuk ditanami tanaman apa saja, maksudnya supaya tanah itu terurus.
Hanya butuh 2 tahun saja tanah warisan bapaknya dia olah menjadi perkebunan sawit, mulai dari 4 hektar menjadi 12 hektar. Dia sendiri yang memasarkan hasil kebunya. Karena dia sudah pAndai mengendari mobil dia tidak perlu lagi meyewa supir. Cukup dia sendiri saja…..
Setahun kemudian dia sudah bisa membeli rumah dikampung, keramik lagi. Dan bisa membeli mobil satu yang seharga 110 juta kalau gak salah, walaupun kredit.
Anda tahu apa yang dia pikirkan ketika baru membeli mobil ? Dia langsung bawa mobil yang belum lagi dipasangi plat nomor polisi ke pabrik lamanya dan menunjukan kepada rekan – rekannya termasuk saya sendiri bahwa dia bisa membeli mobil sendiri, dapat menyupir sendiri tanpa harus sembunyi – sembunyi takut ketahuan si bos
Dia sangat dendam dan marah kepada sang bos lamanya itu. Sangat dendam sekali sehingga dia berkata “sangat lah bodoh jika kalian mau bekerja dengan dia yang hanya mementingkan kantongnya sendri. Lihat saya ! hanya butuh dari seperempat waktu kerja saya selama saya kerja disini bisa membeli rumah dan mobil satu ! Liatlah!!”
Saya sangat kaget sekali saat itu. Saya terus berpikir. Mengapa marah sang bos bisa menjadi ‘tenaga dalam ‘ bagi dia? Teryata itulah salah satu dasar sifat manusia yang sangat manusiawi…… Setiap manusia tidak suka dikritik, tidak suka dimarahi, tidak suka diejek dsb.
Hah? Kenapa manusia tidak suka dikritik? Bukannya kritik dapat membangun semangat orang? Memang benar kalo kritik dapat membangun, namun manusia salalu ingin dianggap benar walaupun dia salah.
Saya pernah membaca sebuah majalah tentang kejahatan. Disana menuliskan ada seorang pemuda yang menembak seorang polisi hingga tewas. Kira – kira 3 sampai 5 tembakan gitu… tidak berselang lama akhirnya dia dapat ditangkap dan dimasukkan kepenjara. Seminggu kemudian dia disidang atas dasar pembunuhan. Ketika jaksa menunjukan semua bukti – bukti yang ada dan menuntut supaya dia dihukum seberat – beratnya. Apa yang dikatakan sipelaku itu?
Dia tidak merasa menyesal…
Dengan berliang air mata dia membela dirinya mati –matian. Dia berkata bahwa apa yang dia lakukan hanya kesilapan saja bukan disengaja…. Dia merasa takut dengan polisi yang dia temui karna dia kedapatan membawa mobil yang tidak ada STNK nya ,SIM pun dia tidak punya. Sang polisi itu menuduhnya yang macam – macam entah itu mobil curian lah, kamu dapat masuk penjaralah dll. Tanpa pikir panjang dia merebut pistol sang polisi dan segera menembak polisi naas itu tanpa ampun.
Sebelum saya memberikan lebih dalam lagi saya akan memberitahukan apa defenisi dari kata Kritik
Kritik adalah usaha memperbaiki sikap sesorang yang salah yang biasanya melalui kata – kata dan apabila kita salah ucap orang cenderung mempertahankan pendiriaannya. Manusia sebodoh apaun dia serendah apapun dia pasti akan marah jika dikritik dengan salah.
Apa perbedaan kritik yang benar dan yang salah?
Kritik yang benar bersifat membangun, cenderung mencari solusi dari masalah yang timbul .Sedangkan kritik yang salah lebih bersifat memojokkan, mencibir dan lebih suka mencari sebab – sebab mengapa dia berbuat salah.
Manusia memiliki harga diri dan memiliki perasaan. Jika kita telah melukai perasaannya, tidak menghargai dia. Dia tidak akan mendengarkan argument Anda walaupun Anda bisa membuktikan dengan ratusan data – data yang membuktikan dia benar – benar salah.
Salah ! salah besar dan menurut saya itu sangat terlalu fatal!
Jadi apa yang mesti saya lakukan?
Tidak terlalu sulit. Hanya satu hal saja dan ini sangatlah penting. Apa itu? Usahakan Anda tidak menyinggung perasaannya.
Jadi bagaimana jika rekan kita salah? Bagaimana dengan orang yang sudah terbukti salah dan saya ingin memperbaiki kesalahannya dia?
Saya beri Anda 3 tips:
1. Rendahkan diri Anda. Katakan bahwa Anda dulu pernah melakukan kesalahan yang sama dengan dia. Akibatnya apa? Anda harus mengganti kerugian yang sangat besar, harus menarik kembali barang – barang yang sudah saya kirim. Alhasil banyak waktu yang terbuang gara- gara kesalahan itu. Belum lagi biaya yang terbuang percuma dan Anda harus menanggung malu dengan para pelanggan Anda. Saya harap kamu tidak tidak melakukan kesalahan yang serupa dengan saya tempo dulu

2. Beri motifasi untuk menghindari si dia rendah diri. Kebanyakan yang saya temu dilapangan jika si pekerja ditegur oleh mandor, dia menjadi lemas. Akhirnya dia menjadi takut mengambil keputusan, kerja menjadi tidak semangat. Apabila tidak diatasi segera maka hasil kerja menjadi lambat, komunisasi antara atasan bawahan menjadi kaku , sering melakukan kesalahan dan sistim kerja menjadi monoton. Jadi Anda cukup tersenyum, jangan muram berilah dia semangat supaya jangan mengulangi kesalahan yang sama. “ Ayo, kamu pasti bisa mengubahnya!” “ Ayo, jangan lemas, coba cari solusi lain yang lebih hebat dari ini!!”


3. Berilah dia penghargaan apabila dia berhasil menemukan solusinya. Penghargaan bukan hanya melalui hadiah saja, namun juga melalui kata – kata, pujian dan ucapan terima kasih karena mau berubah dan mengikuti saran Anda.

Sudah jelas ya apa yang saya katakan. Jadi intinya Anda jangan menjadi orang yang suka mengritik saja. Binatang saja jika kita pukul dia akan membalas dengan mengigit Anda, apalagi manusia. Jadi ikutlah dalam bagian apa yang dia perbuat dan jika perlu mesti Anda lakukan bersama - sama , bukan hanya pekerja saja.

2. Setiap manusia ingin dihargai

Manusia adalah mahkluk yang sangat unik bagi saya. Dimana dia ingin dihargai, dimana dia ingin diperhatikan, dimana dia ingin mencari curahan hatinya.

Ketika saya menjadi seorang sales sebuah barang komputer untuk sekolah – sekolah yang ada di Medan. Saya masih kaku, sering sekali melakukan kesalahan. Jadi saya belajar dari beberapa kawan saya, lalu saya pelajari. Jadi intinya ketika sudah berada dilapangan, berjumpa dengan konsumen. Saya tidak terburu – buru lagi , saya bukan hanya fokus kepada prodak yang saya tawarkan saja, bukan pada kehebatan prosesor komputer yang saya promosikan kepada pihak sekolah atau kantor – kantor yang ada. Tahukah Anda ketika kita hanya ‘sibuk’ dengan argument Anda sendiri yang mengatakan bahwa produk ini lain dari pada yang lain, memiliki kecepatan akses yang lain dari pada yang lain, Anda akan rugi jika tidak membelinya. Apa yang mereka katakan? Mereka sudah dapat dipastikan menolak tawaran komputer Anda karena Anda tidak bisa menyentuh sisi ‘emosional’ dia. Toh yang lain juga bilang gitu.
Saya juga mempunyai rekan yang bekerja sebagai anggota MLM dari amerika. Saya pernah diundang kepertemuan MLM dia. Dia sangat care/ peduli dengan para undangan yang datang ke pertemuan, memberi para undangan tempat duduk, memberi mereka minum, berbicara kepada mereka sebelum acara dimulai supaya mereka tidak bosan. Dan masih banyak yang lain.
Walaupun isi presentasinya biasa – biasa saja, presenternya tidak begitu pandai ngomongnya namun karena dia telah memberikan ‘servis’ sebelumnya. Setidaknya 3 – 5 dari 10 orang yang dia undang mau di follow up dan 1-3 orang tersebut join/ ikut dalam bisnis dia.
Ada cerita yang lain dan juga unik untuk anda simak
Salah satu perusahaan di daerah saya kedatangan seorang sales tepung kanji dari Siantar. Dia menawarkan tepung kanji yang lebih putih dari biasa mereka ambil dari Tebing Tinggi. Dengan membawa sebuah sampel prodaknya dia menyakinkan bos itu untuk mengambil prodaknya. Setelah 3 jam pembicaraan mereka yang sangat lama akhirnya sang bos mau juga mengambil prodaknya.
Apa penyebabnya?
Apakah karena sang bos merasa bosan dengan sales itu dan dia memutuskan mengambilnya dari pada berlama- lama dengan dia, atau dia merasa kasihan karena dia jauh – jauh datang dari Siantar?
Teryata setelah saya tanya kepada teman saya yang kebetulan bekerja dengan perusahaan itu. Dia berkata bahwa sang sales itu melakukan pendekatan yang berbeda dengan para sales biasanya dia temui. Sebelum sang sales bertemu dengan sang bos, dia berbicara dulu dengan karyawannya yang menjabat sebagai kepala gudang. Yang ditanya bukan tentang kualitas tepung Tebing itu supaya menjadi bahan perbandingan, melainkan apa yang disukai sang Bos dan apa kebiasaan yang sering dilakukannya.
Dari pembicaraan itu dia tahu bahwa sang bos memiliki 3 anak yang masih kecil, latar belakang dulu yang masih susah, hobi dia yang suka main tenis dll. Hal itulah yang yang menjadi bahan pembicaran dengan sang bos.
Ketika dia menawarkan produknya, dia menyelingi dengan pembahasan kebidupan pribadinya. Sang sales memuji kesuksesan sang bos yang diperolehnya dalam usia muda. Selain itu dia juga mempunyai hobi dengan tenis juga, jadi bisa saling mengerti satu sama yang lain.
Akhir pembicaraan , sang bos sangat menyenangi hubungan bisnis seperti ini. Biasanya dia melakukan transaksi bisnis hanya berlayar belakang saling menguntungkan dalam hal bisnis. Selama ada saling menguntungkan ya bekerja sama, jika tidak ada untungnya lagi hubungan tidak dilanjutkan. Tetapi setelah berjumpa dengan sales ini, dia merasa memiliki hubungan yang unik selain hubungan yang saling menguntungkan itu.
Hubungan unik apakah itu? Yaitu hubungan yang saling menghargai satu sama yang lain. Setiap manunia ingin sekali dihargai. Ingatkah hal itu.


Ada 4 hal yang harus Anda lakukan untuk menghargai orang lain.
1. Menghargai ide orang lain walaupun dia salah
Sudah saya bilang dari awal jika rekan / bawahan kita melakukan kesalahan, janganlah kita kritik. Jadi Anda harus menghargai idenya. Tujuannya supaya rekan Anda tidak patah semangat dan tidak takut untuk memberiakan idenya lagi.
2. Ucapkan terima kasih
Setiap Anda ditolong dan diberi oleh orang lain, ucapkanlah terima kasih. Walaupun dengan orang bawahan kita janganganlah segan. Terima kasih akan membuat orang lain senang dengan Anda, senang karena telah menolong Anda sehingga di tidak segan lagi menolong Anda jika Anda meminta tolong lagi.

3. Sapa namanya
Memang ini agak lucu, tapi ini memang kenyataannya. Banyak sekali orang yang salah memanggil namanya . Akibatnya dia kurang akrab dengan Anda. Hubungan menjadi kacau dan tujuan yang Anda ingin capai menjadi gagal Cobalah sapa namanya dengan nama kesukaannya entah nama kecilnya, nama akrabnya atau yang lain.

4. Dengarkan apa yang dia bilang, jangan melawan
Mendengarkan apa yang orang lain bilang adalah salah satu penghargaan yang sangat efektif. Ada salah satu pelanggan yang komplai dengan prodak yang saya kirim. Saya diam saja ketika dia komplain. Saya hanya dengar saja dan menaruh simpati atas kesusahan yang dia terima. Setelah dia selesai dengan komplinnya. Saya baru mencari solusinya. Dia menerimanya karena ada 2 hal, yaitu saya mau mendengarkan keluhan dia dan yang terakhir dia merasa senang saya tidak membantahnya walaupun itu kesalahan dia dan bukan tanggungjawab kami lagi


3. Manusia ingin diperhatikan
Pernah melihat anak kecil jatuh? Ketika dia jatuh, apa yang pertama sekali akan dia lakukan? Ya, betul. Dia pasti menangis…
Anak kecil menangis karena dia ingin memberitahukan bahwa dia sedang terjatuh, kakinya terluka, berdarah. Dan ia ingin sekali memperlihatkan lukanya kepada ibunya.
Apabila sang anak tidak diperhatikan ibunya. Dia malah keras nangisnya
Bahkan sering saya lihat anak itu tidak mau bangun apabila tidak dipapah oleh ibunya
Dari cerita nyata ini dapat kita kasi gambaran sikap manusia pada dasarnya
Setiap manusia ingin sekali diperhatikan baik dari segi penampilan, kesehatan, status ekonomi, pendidikan dll
Orang tua pun juga bersifat demikian. Paman saya sangat hobi memancing. Saking senangnya dia selalu membawa alat pancingannya kemana – mana. Saya pun heran dan bertanya pada dirinya. “ Paman, apa gunanya membawa pancing? sedangkan kita kan mau ke kota baru. Disana mana ada kolam pemancingan ikan….. walaupun ada pasti sudah disewakan alat pancing dari pengelolanya”
Sang paman sangat senang dengan pertanyaan saya. Apa yang dia katakan?
“saya sangat senang dengan perhatian kamu, Hen. Memang disana tidak ada danau ataupun sungai. Saya pun tahu akan hal itu. Nah, saya sengaja membawa alat pancing supaya orang lain tahu bahwa saya sangat ahli memancing. Apabila ada yang bertanya dengan pancing saya ini. Saya akan berterima kasih. Dan saya akan senang sekali jika dia mau meluangkan waktunya untuk berbicara dengan hobi saya ini”
Apa maksudnya?
Ya, dia ingin diperhatikan bahwa dia sangat menyukai memancing. Dia akan senang jika ada orang yang yang memperhatikan dirinya…
Apakah itu kekanak – kanakan?
Jika kita pikir sekilas memang itu terlihat kekanak – kanakan. Dan itu sangat dihindari beberapa orang, mungkin dia malu atau supaya terlihat segan dimata anak buahnya.
Tapi jika kita ingin mempengaruhi orang lain atau menawarkan suatu prodak kepada yang lain. Anda dapat menggunakan salah satu sifat dasar ini.
Secara dasar saya dapat memberikan contoh bagaimana caranya kita dapat menawarkan prodak Anda kepada orang lain dengan mengunakan pendekatan ini.
a. Pak, bagaimana skor sepak bola tadi malam? Siapa yang menang? Wah, Anda pasti senang sekali? Jadi kapan kita dapat bertemu membahas prodak yang saya tawarkan kemarin sambil kita membicarakan pertandingan semalam
b. Bu, saya dengar nina anak ibu mendapatkan rangking 1 ya? Wah, hebat yah anak ibu? Oh, ya Omong – omong dengan pembersih kaca yang Anda pakai seminggu yang lalu. Apakah ada masalah?

Dan masih banyak lagi contoh yang lain
Ya, intinya adalah setiap orang memiliki hobi dan keahlian. Dan dia sangat senang menunjukan dati dirinya kepada yang lainnya.
Usahakanlah setiap sekali berjumpa dengan orang lain. Rekam jati dirinya, hobinya, kesukaanya dan ungkapkan kekaguman Anda atas dirinya.
Ada 4 hal yang sangat penting jika kita mau mendalaminya dengan serius…..
1. Setiap manusia mau ingin dilindungi
Pada dasarnya manusia ingin dilindungi dan ingin melindungi orang yang dia cintai. Biarpun dia sudah besar, dia ingin sekali dilindungi orang –orang yang ada disekitarnya. Entah orang jahat atau orang iseng
2. Setiap manusia ingin ditegur
Saya punya kejadian unik ketika saya menawarkan obat kesehatan di sebuah toko kelontong. saya begitu hati – hati ketika saya masuk ketokonya. Saya tahu toko tersebut sangat sibuk sekali karena banyak sekali pelanggan yang harus dilayani. Saya sabar menunggu di luar hingga para pelanggan sudah selesai belanja. Ketika keadaan toko udah mulai sepi. Saya baru masuk ketokonya.
Mulailah saya menyapa yang punya toko itu, saya salami mereka. Saya tanya bagaimana keadaan tokonya, bagaimana keadaan kesehatanya, bagaimana keadaan anak – ananya dan masih banyak yang saya tanya.
Mulailah saya menjelaskan apa maksud tujuan saya mendatangi mereka. Mereka dengan senang mendengar apa yang saya bilang. Walaupun mereka tidak mengambil prodak saya. Saya pastikan jika saya mendatanginya kembali dengan prodak yang lain dengan yang saya bawa hari ini. Dia pasti membelinya. Dan itu memang terbukti, setelah 4 hari saya menawari prodak kecantikan kepada mereka. Mereka langsung membelinya…..
Artinya apa?
Teryata pengetahuan tentang lawan bicara kita lebih penting dari pada pengetahuan prodak yang kita pegang. Kita boleh saja pintar dengan prodak yang kita promosikan entah dari harganya, kegunaanya, dosisnya, sampai komposisinya pula J itu tak akan memberikan hasil yang maksimal jika kita tidak tahu siapa jati diri lawan bicara kita.
3. Manusia ingin diberi semangat
Singkatnya manusia ingin diberi semangat dalam hidupnya. Ada yang bilang ini adalah wajib karena kita selalu di kelilingi oleh aktifitas dan hubungan dengan sesama dimana manusia sering sekali dihadapkan oleh beberapa masalah. Oleh sebab itu, manusia cenderung ingin di beri semangat supaya dia selalu serius dan terus memiliki sikap yang optimis.
4. Manusia ingin apa yang dia bicarakan didengarkan oleh orang lain.
Mendengarkan pendapat orang lain merupakan salah satu cara menghargai pendapat orang lain. Kita jangan hanya pandai berbicara saja supaya kita memiliki banyak teman.
Sikap mendengarkan merupakan salah satu cara yang sering sekali saya lakukan jika mengalami masalah dalam hubungan dengan manusia yang lain.
Kita jangan suka mencela/ memutus pembicaraan orang lain sebelum dia selesai bicara karena itu akan membuat orang lain sakit hati dan merasa tidak dihargai.
Dengarkan saja, jangan berdebat. Ikuti irama saja. Setelah dia selesai bicara barulah Anda mulai bisa menilai pendapat dia. Entah baik maupun yang buruk.

4. Manusia pada dasarnya egois
Ada keponakan saya ingin sekali meminjam piala ayahnya ketika dia menjuarai lomba melukis ketika masih SMA. Tentu saja si ayah tidak akan memberikan pialanya kepada sang anak.
Mengapa?
Karena dia merasa pialanya itu sangat berharga. Dia harus mengalahkan ratusan pelajar se jawa timur waktu itu. Sangat membahagiakan memang.
Dia menceritakan kepada anaknya betapa hebatnya ketika muda dia dapat menjadi juara 1 dan dia menjadi buah bibir diantara teman – temannya.
Jadi dia sangat keberatan dengan piala yang akan dipinjam putrinya untuk masak – masakan….
Apakan sang anak peduli dengan prestasi ayahnya??
Tentu saja tidak
Bagi si anak. Memasak adalah hal yang menyenangkan bagi dirinya. Dia tidak peduli dengan prestasi yang terkandung dalam piala itu. Yang penting dia bisa memakai piala itu untuk masak – masakan. Titik
Setelah diberi ijin ayahnya, barulah si anak merasa senang. Bukan kerena bangga dengan prestasi ayahnya, melainkan ayahnya mau meminjamkan piala itu sebagai tempat masak – masakan

Kita sering sekali membicarakan sesuatu hal diamana pembicaraan tersebut hanya Anda senangi. Sedangkan orang yang mendengar tidak begitu tertarik dengan apa yang kita bicarakan. Hasilnya sudah dapat ditebak. Dia malas mendengar apa yang Anda bicarakan. Dia ingin Anda tutup mulut atau pergi dari hadapan Anda.
Salah satu sifat dasar ini sangatlah unik. Saya sendiri kadang – kadang suka sekali jengkel dengan pembicaraan orang lain padahal saya kurang begitu suka dengan apa yang dia bicarakan.
Oleh sebab itu, jika ada hal – hal yang tidak ada untungnya bagi dia, sangat jarang sekali saya lihat dia mau meneruskan pembicaraan tersebut. “apa gunanya bagi saya” pikirnya…
Saya mempunyai surat penjualan yang menurut saya kurang diminati para pembeli karena isinya yang kurang menghargai dia, hanya memuji perusahaan dia saya.
Selamat pagi kepada bapak pimpinan perusahaan X
Kami sebagai perusahaan besar yang telah memiliki cabang di 5 negara sedang melakukan penjualan istimewa dengan prodak x yang bermutu tinggi
Kami telah melakukan riset selama 3 tahun dan telah membuktikan bahwa prodak x kami lebih bagus dibandingkan dengan prodak yang lainnya
Hal itu bisa terjadi karena kami bekerja sama dengan negara Jerman, AS, dan Jepang untik mencari formulanya
Nah, kami harapkan Anda sebagai pemilik perusahaan X dapat tertarik dengan prodak ini dan jika anda tertarik. Anda dapat menuliskan formulir yang telah kami kirimkan beserta surat penjualan kami
Semoga kerjasama ini dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak
Terima kasih,

Jika kita teliti sekali, banyak sekali cara penulisan yang terlalu memuji dirinya sendiri tanpa memikirkan kondisi lawan bicaranya.
Jika yang membacanya adalah pemilik perusahaan yang sedang strees. Mungkin surat ini akan dikoyak dan dilemparkan ke tong sampah.
Jadi apa yang mesti kita ubah?
Yang jelas kita harus tahu lawan bicara kita. Berusaha memahaminya, apa yang dia butuhkan baru anda bisa membuat surat penjualan yang menyentuh hatinya.
Begini kira – kiranya

Selamat pagi kepada bapak pimpinan perusahaan X
Saya tahu perusahaan anda adalah perusahaan yang sangat besar. Dimana yang saya ketahui telah berdiri selama 12 tahun ini
12 tahun merupakan bukan waktu yang singkat untuk mendirikan sebuah perusahaan. Banyak sekali perusahaan yang hanya bertahan 5 tahun saja karena kurang modal, daerah pemasaran yang sempit maupun hal teknis yang lainnya.
Selain itu, prodak juga sangat penting sekali supaya daerah pemasaran dapat diperluas, jangkauan konsumen merata dan lebih penting lagi pemutaran modal menjadi lancar karena barang yang anda beli dengan mudahnya anda jual lagi
Nah, kami sebagai perusahaan yang menjual prodak x sangat bangga sekali jika Anda bersedia membeli prodak kami. Prodak kami sangatlah berkualitas, harga yang bersaing sehingga jika Anda membelinya. Dipastikan masalah – masalah yang sering Anda hadapi dalam pasaran dapat terhindari
Jika anda tertarik, maka anda dapat mengisi formulir yang telah kami sediakan. Atau jika anda sibuk kami bersedia datang ke perusahaan anda untuk melakukan order
Terima kasih kepada bapak pimpinan X karena telah memberikan waktu untuk membaca surat penjualan kami.
Terima kasih,
Surat kedua ini lebih menyentuh perasaan si pembeli. Mau memahami kesuliatan yang dialami si pembeli. Dan berusaha mencari jalan keluar bagi dia.
Dengan hal ini, sipembeli akan senang dan berusaha mengisi formulirnya karena dari awal sampai akhir dia merasa di pedulikan.
Oleh sebab itu dari awal sudah kita bahas bahwa mendengarkan adalah salah satu cara intuk menghargai orang lain.
Kita balik sekarang. Jika kita mau omongan Anda didengarkan orang lain. Alangkah bijaksananya jika kita berbicara dengan apa yang dia senangi. Sehingga kita akan mudah mencari kawan dan semoga apa yang kita tawarkan kepada si dia mau membeli apa yang Anda bawa….
Jadi dapat saya simpulkan ada 4 tahap untuk mencari teman dan mempengaruhinya dalam hal sifat manusia yang egois.
1. Mencari tahu karakteristik lawan bicara kita
2. Dengarkan saja apa yang dia bicarakan. Pahami apa masalah dia
3. Ikuti alur pembicaraan dia, lama kelamaan baru anda ubah sesuai dengan keinginan anda. Ingat manusia mau mengikuti ide anda jika ada untungnya bagi dia, ingatlah baik – baik hal ini.
4. Beri solusi dari apa yang menjadi masalah dia. Setiap manusia sangat senang jika kita bisa menemukan solusi atas masalah dia.

Bagaimana cara kita mengubah pola pikir dia sehingga mengikuti pola pikir anda?
Pertama – tama kita harus yakini bahwa manusia mau menuruti Anda jika apa yang Anda bicarakan sesuai dengan apa yang dia mau.
Tidak ada manusia yang mau mengikuti anda jika itu tak sesuai dengan kemuan dia.
Intinya manusia selama tidak ada masalah dengan perkataan anda, dia mau mengukuti pembicaraan anda bahkan mau menuruti apa yang anda mau.
Salah satu caranya sering saya lakukan saya sebut dengan “Tehnik Ya ya”
Kita sudah sepakat bahwa manusia cenderung mengikuti apa yang dia mau. Caranya dengan mengajukan pertanyaan yang mendukung isi hatinya/ tujuannya.
Misalnya anda bertemu dengan pemuda yang menganggur karena malas. Anda dapat tanyakan seperti ini. “ apakah kamu ingin memiliki rumah sendiri?” “apakah anda ingin membahagiakan orang tua?” “apakah kamu ingin memiliki rumah tangga yang harmonis?” “ apakah anda iri melihat teman anda sudah mempunyai usaha sendiri?”
Jika mau jujur, dia akan berkata Ya, Ya, Ya dan ya.
Setelah anda merasa puas dengan pertanyaan anda. Mulailah dengan pertanyaan yang serius.
Misal : “ Jika begitu, alangkah bagusnya jika kamu mulai mencari pekerjaan, gak usah mencari gaji yang besar dulu. Lama – kelamaan kamu akan mendapatkan pekerjaan yang layak apabila kamu sudah memiliki pengalaman dan kawan yang banyak”


Dari situ ada 2 yang bisa kita ambil
1. Dia akan setuju dengan pikiran Anda. Karena pikiran anda sama dengan keinginan dia
2. Pada awalnya anda sudah membuat dia ‘terdesak’ dengan pertanyaan anda. Karena dia ngak mungkin menyangkalnya. Lalu anda segera membuka pikirannya. Dia ngak mungkin lagi mengelak karena diawalnya dia sudah mengakui apa yang dia pikirkan/ diinginkan.

90% dia akan menuruti perkataan anda karena anda telah merangsangnya kearah positif, kearah impiannya. Sehingga dia menjadi kembali semangat dan mulai merubah kebiasaannya yang salah.


5. Siapa saja manusia tidak mau diperintah
Siapa sih yang suka diperintah?
Pertanyaan ini sepertinya mengejek. Tetapi sadarkah Anda tidak satupun manusia yang ingin diperintah.
Jadi mengapa ada yang saja mau diperintah ? ada 4 hal yang dapat menyebabkan mengapa manusia mau diperintah
a. Karena dia bekerja dengan orang lain
b. Karena takut dengan orang lain
c. Karena dia hormat dengan orang lain
d. Karena dia suka dengan orang lain J
Nah, bagaimana jika kita mau merintah orang lain. Padahal kita bukan bos dia, saya kecil, miskin, apalagi saya hanya orang yang baru kenalan 2 hari yang lalu. Apakah saya bisa meyuruh orang lain?
Pertanyaan singkat tapi pusing untuk dijawab J
Saya kembalikan lagi ke point 3 dan 4
Manusia kan suka dipuji, dihargai. Jika kita cerdas kita dapat mengambil simpati si dia. Sehingga apa yang anda bilang dapat dia turuti dengan senang hati.
Saya akan beri 5 cara yang dapat membuat teman anda mau menuruti apa yang anda inginkan
1. Apa yang anda perintahkan harus sesuai dengan tindakan anda. Ini biasa kita sebut sebagai Intregitas. Apa yang anda perintahkan kepada rekan bisnis anda haruslah sesuai dengan tindakan anda. Misal kita mau menyuruh anak anda jangan merokok sedangkan anda sendiri merokok. Apakah bisa?
2. Jika memungkinkan anda harus turut serta dengan apa yang anda perintahkan pada anak buah anda sendiri. Jadi anda jangan hanya bisa memerintah saja, namun harus serta terlibat dalam kegiatan tersebut.
3. Beri bimbingan. Selain memerintah, kita harus memberikan jalan/ cara mengerjainya sehingga apa yang anda perintahkan dapat secara pasti dikerjakan anggota anda dengan sempurna
4. Biasakan mengucapkan kata ‘tolong’. Biasanya para bos sangat jarang memulai kata tolong sebelum memberikan perintah. Ingat, mereka juga manusia. Apabila kita menghargai anda mereka juga akan menghargai anda juga.
5. Jangan bermuka muram jika memerintah. Walaupun sepele tapi akan memberikan gambaran yang berbeda kepada anak buah anda. Jika muka anda muram berarti membuat tekanan bagi mereka sehingga mereka menjadi kaku dalam bekerja dan lebih fokus kepada kesempurnaan. Sehingga jika mereka salah jiwa mereka akan kacau dan susah mencari solusi. Jika muka anda ceria, maka akan mengambarkan ketenangan jiwa sehingga anak buah merasa nyaman dalam bekerja. Dan apabila mereka menemukan masalah mereka akan lebih tenang dalam mencari solusi.
6. Ucapkan terima kasih jika mereka selesai melaksanakan tugas. Hal ini akan membuat mereka dihargai, sehingga mereka akan senang jika menerima perintah lagi.

6. Manusia cenderung mencari sahabat yang sekarakter dengan dia

Anda pernah mendengar kalimat Hukum Daya Tarik / Law of Attraction ? itu adalah salah satu cara efektif untuk mencari kawan dan bagaimana mempengaruhinya.
Pernah melihat seekor ayam?
Pasti ayam itu bergaul dengan ayam juga, gak mungkin dia bergaul dengan bebek.
Mengapa?
Karena ayam bisa berkokok, berkotek dan bisa mengais tanah. Sedangkan bebek gak bisa berkokok, berkotek apalagi mengais tanah. Dia hanya bisa menyosor dan bisa berenang. Itu tidak bisa dimiliki seekor ayam.
Perbedaan kemampuan itu membuat si ayam bergaul dengan ayam yang lain. Si bebek bergaul dengan bebek yang lain.
Demikian juga manusia. Manusia yang malas akan bergaul dengan manusia yang malas, manusia yang rajin akan bergaul dengan manusia yang rajin, manusia yang mempunyai hobi komputer akan bergaul dengan teman yang mempunyai hobi komputer. Demikian yang lain.
Jika demikian. Maka kalau kita mau mencari teman yang rajin, maka kita pun harus rajin supaya orang – orang yang rajin akan menarik diri dan akan bergabung dengan anda juga. Itu secara otomatis, gak usah susah mencari kesana kesini. Nanti akan datang sendiri kawan – kawan yang berkarakter dengan anda.
Demikan juga dalam berorganisasi. Jika anda rajin, maka anak buah anda pun akan rajin. Yang malas akan pergi dari anda karena tidak sesuai dengan diri dia.
Jadi intinya ada didalam anda sendiri. Diri anda akan menentukan dengan siapa anda bergaul dan dengan siapa yang menjauhi anda.

7. Manusia cenderung suka tantangan, suka iri dengan orang lain serta suka mengidolakan orang lain
Tantangan adalah hal yang wajar dan sangat dibutuhkan dalam proses kehidupan ini. Tanpa tantangan. Manusia itu seperti mahkluk hidup yang hanya memikirkan makan dan kawin saja J.
Oleh sebab itu, hendaknya anggota kerja selau diberi target, program dan sistem supaya dia ada bahan perbandingan apakah dirinya sudah sempurna atau belum.
Jika belum, hendaknya dia diberi semangat, arahan dan bantuan supaya dia menjadi manusia yang mandiri dan berguna.
Sifat iri yang positif pun sangat bagus untuk perubahan diri kita.
Maksud dari sifat iri yang positif adalah jika kita melihat rekan bisa memiliki sesuatu. Misalnya bisa membeli televisi baru. Maka dia akan menjadi emosi dan memiliki semangat untuk membeli televisi yang lebih bagus dari si dia.
Jika iri yang negatif. Jika dia melihat rekannya bisa membeli televisi yang baru. Dia menjadi sewot, mulai mengosip yang ngak – ngak. Entah dia bilang ada ikut pesugihan lah, sering korupsi lah, karena mendapat istri kaya lah dll. Yang lebih parah dia nekat berbuat kriminal seperti mencuri.
Maka ubahlah diri anda menjadi mahkluk yang kompetitif. Jangan hanya bisa melihat orang berubah, namun dia hanya gitu – gitu saja. Oleh sebab itu, Ayo, berubahlah menjadi manusia yang sempurna J
Kita juga sering melihat orang mengidolakan artis – artis yang ada di televisi atau para pemain sepak bola yang bergaji wah itu. Itu sangat bagus sekali asal tahu batas - batasnya. Jadikan itu sebagai motifasi anda supaya anda memiliki arah tujuan, bukan hanya asal asalan saja.
Nah demikianlah 7 sifat dasar manusia dari saya. Semoga ini akan menjadi bahan pembelajaran anda supaya anda menjadi sedikit lebih dewasa, lebih bersabar dalam berurusan dengan orang lain.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar